Cara flash Android 4.3 di Nexus 4 (2 cara!)

Android 4.3Android 4.3 2 hari yang lalu meluncur ke Nexus 4 via update OTA. Tapi setelah saya cek via system update, belum bisa (mungkin tergantung wilayah). Tapi saya telah menemukan 2 cara untuk mengupdatenya, thanks to Android Police yah. Caranya pun ada yang cara hemat kuota dan cara boros kuota, wkwkwk.

Cara 1

Cara pertama akan langsung mengupdate stock Android 4.2.2 kalian ke 4.3 seolah-olah kalian melakukan OTA update. Yang kalian perlukan di sini:

  • Windows 7 (saya pake 64 bit, boleh coba sendiri di versi lain)
  • Android SDK (tepatnya folder platform-tools untuk adb)
  • Kemampuan dasar untuk command line
  • File update OTA Android 4.3, download di sini
  • ADB USB driver interface (pastikan Nexus 4 kalian dikenali)
  • Tau cara masuk ke mode recovery

Untuk melakukan flashingnya, pertama centang USB debugging di Developer options. Lalu masuk ke mode recovery (Stock, CWM, TWRP bisa!), untuk yang stock, setelah keluar gambar Android tewas (tanda seru merah) tekan tombol power dan volume up secara bersamaan, lalu cari update via ADB.

Update via ADB ini adalah mengupdate dengan cara sideload, seperti flashing dengan recovery, tapi dari PC. Cek apakah ADB hh kalian sudah dikenali dengan:

adb devices

Jika muncul, berarti sudah dikenali. Lalu, file zip yang kalian download tadi, rename menjadi update.zip dan taruh di drive D:/ (atau di mana aja, tapi jangan sampai bingung sendiri).

Lalu ketikkan perintah ini:

adb sideload D:\update.zip

Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah selesai, saya sarankan wipe cache via recovery kembali. Lalu reboot ke Android, dan 4.3 Jelly Bean sudah terinstal di Nexus 4 kalian.

Cara 2

Cara kedua ini agak ribet nih, kalian perlu menggunakan Nexus 4 toolkit dan file yang kalian download juga lebih besar. Cara 2 ini cocok untuk kalian yang datang dari custom rom dan benar-benar ingin menginstal Android 4.3 secara bersih dari nol (cara 1 kan meng-update).

Kalian perlu:

  • Windows 7 lagi
  • Nexus 4 toolkit (Googling yah)
  • Android SDK (disarankan, tapi kayaknya Nexus 4 toolkit udah bawa ADB dan drivernya)
  • Factory images Nexus 4, di sini (jangan sampai salah download ya!)
  • Paling nggak, kalian harus bisa membaca pilihan toolkit dengan baik.
  • Tau cara masuk ke mode fastboot

Lalu, buka Nexus 4 toolkit, kalo minta ngecek update, jawab no dulu. Lalu jika keluar pilihan rom kalian saat ini, ketikkan angka 1 dan enter. Setelah keluar banyak pilihan, pilih angka 1 dulu untuk menginstal USB driver dan pastikan Nexus 4 kalian tidak terhubung ke PC via kabel datanya.

Setelah terinstal, ketikkan 9 (Download, Extract + Flash…). Lalu 2 (Flash Google Factory Image). Sekarang masukkan file yang kalian download tadi ke folder put_img_files_to_flash_here. Masuk ke mode fastboot Nexus 4 kalian dan ketikkan yes di toolkit.

Setelah itu, toolkit akan mengekstrak file dan menge-flashnya, jadi tunggu aja sampai selesai. Kalau udah selesai ya, selamat, Android 4.3 udah berjalan di Nexus 4 kalian.

Leave a Reply